Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Cara Membuat Masker Wajah Dengan Bahan-Bahan Alami Aman Untuk Kulit

Kerudung Cantik - Menggunakan mesker wajah alami lebih aman dan tidak memiliki resiko yang berbahaya seperti menggunakan produk kecantikan, karena tidak semua produk-produk kecantikan itu cocok untuk kulit wajah kita.

 “Setiap wanita ingin memiliki kulit yang putih, bersih, dan sehat.  Tak heran, mereka rela mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkannya kulit bersih dan bercahaya.  Tentu tidak harus, Anda bisa memiliki kulit yang bersih, putih, dan sehat dengan mengetahui cara membuat masker wajah alami.”

Masker wajah alami untuk mencerahkan dan membersihkan kulit wajah seringkali dibuat dengan bahan-bahan yang sangat mudah ditemukan.  Misalnya buah, sayur, telur, madu, atau yoghurt.  Singkatnya, masker alami tidak mengandung bahan kimia berbahaya pada kulit. 

Kini, Anda tidak perlu lagi menghabiskan banyak waktu dan uang untuk memiliki kulit yang sehat dan bercahaya.  Anda hanya perlu lebih membedakan dengan bantuan yang Anda berikan kepada orang lain. 

Namun, perlu Anda ketahui bahwa meskipun dipercaya dapat membantu menyehatkan dan mencerahkan kulit, masker yang terbuat dari bahan-bahan alami masih perlu pengujian lebih lanjut untuk membuktikan manfaatnya.  Langsung saja, berikut ini beberapa masker alami yang bisa Anda coba buat di rumah:

cara membuat masker wajah alami


Cara Membuat Masker Wajah Secara Alami Dengan Mudah

Jika Anda ingin memiliki kulit wajah yang bersih dan bercahaya secara alai, tidak ada salahnya menggunakan masker wajah alami. Tanpa resiko dan tanpa efek samping, karena memang terbuat dari bahan alami yang biasa kita konsumsi setiap hari.

1. Buat Masker Wajah Dengan lemon

Lemon mengandung asam yang membantu membuat kulit bercahaya secara alami.  Belum lagi, vitamin C merupakan antioksidan yang membantu pertumbuhan sel kulit baru dan mendukung kesehatan kulit.  Cara melakukannya adalah sebagai berikut:

  • Peras lemon, ambil 2 sendok makan, bisa ditambah 1 bagian putih telur.  Menggabungkan.
  • Cuci muka terlebih dahulu, lalu oleskan masker secara merata. 
  • Diamkan selama kurang lebih 10 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih. 
  • Anda juga bisa menggunakan jus lemon dan air untuk masker wajah.  Campurkan keduanya dan oleskan pada wajah, biarkan selama 10 menit, lalu bilas hingga bersih. 

Perlu anda lakukan secara rutin dan teratur setiap haru untuk hasil yang lebih maksimal, karena jika hanya sekali atau 2 kali saja. Maka itu tidak akan menghasilkan kulit yang bersih dan bercahaya seperti yang kita harapkan. Kulit sehat dapat anda dapatkan dengan menggunakan mesker wajah alami setiap hari.

2. Membuat Masker Dengan Pepaya

Buah pepaya mengandung enzim papain dan antioksidan yang sangat baik untuk membantu memperbaiki kulit yang rusak sekaligus mengangkat sel kulit mati.  Buah ini juga dipercaya mampu mengurangi flek hitam akibat paparan sinar matahari yang berlebihan.  Cara membuat masker wajah dari pepaya adalah sebagai berikut:

  • Bersihkan pepaya. 
  • Oleskan ke wajah dan biarkan selama sekitar 10 menit.Basuh sampai bersih.
  • Anda juga bisa mengombinasikan pepaya dengan pisang atau menambahkan madu untuk mendapatkan manfaat lebih.
  • Lakukan secara teratur dan dan rutin setiap hari untuk hasil yang lebih maksimal.

3. Membuat Masker Dengan Strobery

Siapa sangka, strawberry mampu membantu melawan radikal bebas penyebab hilangnya kolagen dan kerusakan sel kulit mati.  Kandungan vitamin C dan antioksidan pada buah ini juga membantu menjaga kesehatan kulit wajah lho!  Berikut cara membuat masker wajah dari stroberi: 

  • Cuci stroberi dengan banyak air.
  • Oleskan dengan cara yang sama pada kulit wajah.  Tunggu 10 menit, lalu bilas dengan air bersih. 
  • Anda bisa menambahkan madu atau yogurt saat membuat masker dari stroberi.  Lakukan perawatan kulit wajah anda satu atau dua kali seminggu. 

4. Membuat Masker Buah Alpukat

Alpukat merupakan sumber lemak sehat, kaya akan potasium dan vitamin B yang dapat melembabkan kulit dan melepaskan kulit kering.  Masker buah ini dapat dibuat dengan langkah-langkah berikut: 

  • Cuci alpukat.  Tambahkan madu, putih telur, atau yogurt.
  • Oleskan dengan cara yang sama pada kulit wajah.  Diamkan selama 10 menit, bilas hingga bersih.

Itulah cara membuat masker wajah dengan bahan alami di rumah.  Berhati-hatilah jika Anda memiliki risiko penyakit, sebaiknya konsultasikan ke dokter sebelum melakukannya. Walaupun dengan bahan alami, namun kalau memang wajah Anda sensitif, maka alangkah baiknya konsultasikan terlebih dulu dengan ahlinya.

 5. Membuat Masker Wajah Dengan Bengkuang

Tidak hanya baik untuk kesehatan, bengkuang juga dapat menunjang penampilan.  Kandungan antioksidan, vitamin E, selenium, dan beta karoten sebanyak bengkoang dapat membantu menguatkan kulit.

Manfaat bengkuang yang bermanfaat antara lain kulit bercahaya, mencegah penuaan dini, menghilangkan jerawat dan noda, melembabkan kulit, menghilangkan bintik hitam dan mengontrol minyak wajah.  Untuk mendapatkan manfaat tersebut, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan membuat masker bengkuang.

Item yang diperlukan adalah ubi, mangkuk, parutan dan sikat.  Pertama-tama, kupas dan cuci bengkuang sampai bersih.  Parut ubi dan peras airnya, bagi ke dalam mangkuk terpisah.  Gunakan kuas pada area wajah secara merata.

Diamkan masker bengkuang selama kurang lebih 15 menit, lalu bilas dengan air dingin.  Gunakan krim bengkuang sebagai pelembab untuk membantu mengangkat sel kulit mati untuk kulit yang lebih cerah dan cerah.

Pijat sambil mengoleskan scrub pada wajah selama satu menit.  Kemudian cuci dengan air bersih.  Setelah membersihkan wajah, oleskan pelembab untuk mengikat nutrisi pada kulit agar manfaatnya tidak terbuang percuma.  Untuk hasil yang maksimal, lakukan perawatan ini tiga kali dalam seminggu.

6. Lidah Buaya

Lidah buaya juga diketahui memiliki aloesin yang dapat mencegah pembentukan melanin pada kulit.  Lidah buaya telah lama digunakan sebagai campuran produk kecantikan karena dipercaya dapat melembapkan dan mencerahkan kulit.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut dapat diperoleh dengan tanaman lidah buaya secara langsung atau dengan menggunakan produk lidah buaya.  Caranya, oleskan gel secukupnya pada wajah, diamkan 15-20 menit, lalu bilas hingga bersih.

7. Membuat Masker Dengan Kopi

Kopi diketahui memiliki banyak manfaat kopi untuk wajah, antara lain sebagai pelindung sinar matahari, melembabkan kulit wajah, mengatasi hiperpigmentasi, mengobati jerawat, mengencangkan kulit, dan lain sebagainya.

Membuat masker kopi dapat dikombinasikan dengan minyak zaitun, rumput: campur minyak zaitun dengan bubuk kopi dalam proporsi yang sama.  Gosok wajah Anda dengan gerakan memutar.  Biarkan masker selama 15 sampai 60 menit.Basuh dengan air hangat.  Manfaat masker kopi yang dicampur dengan minyak zaitun lembab membuat kulit lebih sehat.

Masih banyak lagi memang cara membuat masker wajah secara alami dengan bahan yang mudah kita dapatkan di sekitar kita. Namun, jika Anda konsisten melakukannya dengan bahan tersebut, anda juga akan mendapatkan hasil yang lebih maksimal dari apa yang Anda harapkan. Semoga cara membuat masker wajah alami ini bisa membantu Anda menemukan cara yang tepat untuk memiliki wajah yang sehat tanpa jerawat.